Vegetarian dalam Ucapan, Pikiran, Perbuatan dan Makanan



Anda harus mengerti bahwa terdapat banyak sekali jenis vegetarian. Terdapat suatu pepatah di Au lac. Mereka mengatakan bahwa vegetarian di dalam hati adalah yang terbaik. Kenapa mereka mengatakannya demikian?


Hal ini disebabkan karena perbuatan, ucapan dan pikiran kita haruslah bersamaan, serasi, kita bukan saja hanya memakan vegetarian. Itu hanyalah perbuatan saja. Kemudian ketika kita berbicara, kita berbicara seperti memiliki gunting atau sebuah batu dan memotong di mana-mana, itu bukanlah pembicaraan vegetarian.

Jika kita berkata bahwa kita memakan vegetarian, tetapi pikiran kita sangatlah kejam dan tajam, dan tidak peduli terhadap perasaan orang lain dan selalu bertindak egois, selalu berusaha mendapatkan segala sesuatu untuk diri kita terlebih dahulu, dengan upaya apapun juga, mengorbankan kesenangan atau perasaan orang lain, maka hal tersebut tidak baik adanya. Tidak baik untuk kita, tidak baik untuk keluarga, dan kemudian secara luas, tidak baik untuk negara dan dunia.

Itulah sebabnya kenapa orang-orang Jaman dahulu berkata,

"Pertama kita harus mengolah diri kita sendiri, sang Diri yang agung, sang Kebijaksanaan, kemudian kita dapat mengatur keluarga, lalu dapat mengatur negara, dan kemudian kita dapat memuaskan seluruh dunia."

Hal tersebut memang benar adanya.

Manusia merupakan pancaran semangat Cinta Kasih dan Kasih Sayang yang dapat menuntunnya mencapai Pencerahan dalam kehidupannya saat ini. Semua Ajaran Suciwan yang memiliki kekuatan revolusioner selalu mengarahkan perdamaian dunia dan kebahagiaan semua makhluk di dunia dengan semboyan suci yaitu Cinta Kasih dan Kasih Sayang.

Kemajuan batin akan dapat kita kembangkan apabila kita senantiasa diliputi pikiran yang penuh Cinta Kasih serta bersikap penuh Kasih Sayang.

Banyak orang yang tersaru dengan kata vegetarian yang dikira berasal dari kata vegetable (sayur-sayuran). Sebenarnya vegetarian itu berasal dari bahasa latin “ Vegetus ” yang berarti “aktif / yang hidup / teguh / bergairah/ kuat.”

Di Inggris kata Veget ini sempat dipakai untuk mengatakan “ Seseorang yang kuat dan sehat.



www.arogyakaruna.org

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Vegetarian dalam Ucapan, Pikiran, Perbuatan dan Makanan

  1. Wah, saya kira juga vegetarian itu yang cuma makan sayur2an doank...
    ternyata dari nama vegetus yah...

    huhuhuhu... thanks infonya.. ;)

    ReplyDelete

Terimakasih...
:)

WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com
Dimas Prast Banjarnegara