Teknik "Pacing" Public Figure Dunia


Saya si kurang tau pasti apakah kebanyakan public figure dunia belajar "teknik" komunikasi atau tidak, tapi saya perhatikan rata2 public figure dunia sangat cerdik dalam berkomunikasi...apalagi dengan penggemar nya. Saya yakin mereka punya "pelatih" komunikasi sendiri.

Hampir semua komunikas public figure yang berkesan dan menambah "gila" para penggemarnya diawali dengan teknik yang dalam ilmu NLP (Neuro Linguistic Programming) disebut "Pacing".
bersiul

Intinya dalam pacing adalah matching atau menyerupai atau menyamakan lawan komunikasi, dalam hal apapun, termasuk bahasa verbal ataupun nonverbal. Karena pada dasarnya, manusia suka hal yang sama, nah dari situ teknik ini "menyerang". Ini teknik subconscious (bawah sadar) guys!
Gk percaya kalo manusia pada dasarnya suka dengan kesamaan (matching)???
Coba misal kita orang Banjarnegara lagi naek bis dari Jakarta - Banjarnegara, nah didalem bis ada orang yang tujuannya sama dan tempat tinggalnya sama kita di Banjarnegara (bahkan deket rumah kita), pasti bakal seneng dan langsung banyak ngobrol (trust). Disini ada kesamaan tujuan & tempat tinggal.
Atau misal lagi deh, kita ketemu orang asing yang ternyata satu kampus kuliahnya sama kita...pasti bakal lebih enak ngobrol, akrab, dll. Disini ada kesamaan kampus/kuliah.
Buat para praktisi NLP atau Hypnotist pasti sudah tau teknik ini.
Ok, gk usah kebanyakn teori, kita langsung ambil contoh aja...ngacir


Barack Obama
Saat pidato di Indonesia, Obama mengucapkan "Saya Pulang Kampung Nih", "Bhineka Tunggal Ika", "Sate", dll hohohoho

Pacing : Bahasa, makanan yang ada di Indonesia, Bhineka Tunggal Ika (vital). Dia menyamakan "seolah-oleh" memiliki budaya sama dengan kita.satu_jempol
Saya yakin Obama punya pelatih komunikasi yang sangat bagus.
(Anthony Robbins???)
Seperti dulu Anthony Robbins menjadi pelatih Bill Clinton saat masih menjabat menjadi presiden.woow
(Sayu punya video pidato Obama yang dianalisis dari segi teknik komunikasi berdasarkan NLP, mulai dari gerakan tubuhnya sampai kata per kata, dia sangat ahli komunikasi)


Justin Bieber
Inget saat sebelum Justin ke Indonesia, dia membuat video beberapa detik dengan kata "Terimakasih" sebagai penutup?

Pacing : Bahasa.
Saya tau Justin membaca text saat bikin video itu diam (hanya untuk pacing) tapi tetep aja banyak penggemarnya yang "gila" liat si Justin ngomong Indonesia.


Paramore
Ini konser kemaren malem, si Hayley ngomong "Merdeka" pas banget tanggal 17 Agustus.

Pacing : Bahasa + ulang taun Bangsa Indonesia (vital). satu_jempol


Michael Jackson
Kalau Michael Jackson menurut saya, dari lirik lagu2nya pun sudah pacing banget...seolah2 dia kenal banget pendengarnya, dia tau banget keadaan pendengarnya, apalagi kalau konser, dia sangat menyanjung & mengapresiasi para fansnya entah dari bahasa verbal maupun non verbal.satu_jempol


Saya yakin gk cuma di Indonesia mereka pacing dengan bahasa, kalau mereka konser ke Jepang juga pasti bakal ngomong bahasa Jepang. hohohoho


Setelah pacing, tinggal Leading!
(Cari aja teknik pacing & leading di google weee )

Sebenernya banyak banget public figure yang menggunakan teknik2 komunikasi seperti pacing & leading untuk menambah penggemar dan membuat gila penggemarnya.
Dan menurut saya pribadi, kalau mau jadi public figure, skill komunikasi masuk dalam Must Have Skills...

Seeya
:)

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Teknik "Pacing" Public Figure Dunia

Terimakasih...
:)

WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com
Dimas Prast Banjarnegara